EROSI SUNGAI: 23 KK Terancam Gerusan Sungai Repaking

EROSI SUNGAI: 23 KK Terancam Gerusan Sungai Repaking


EROSI SUNGAI -- Seorang warga melihat aliran Sungai Repaking, Wonosegoro. Berubahnya arah aliran sungai ini mengakibatkan terancamnya rumah sejumlah warga. (JIBI/SOLOPOS/Istimewa)
BOYOLALI – Sejumlah 23 kepala keluarga (KK) di Desa Repaking, Kecamatan Wonosegoro, Boyolali, terancam. Pasalnya, tempat tinggal mereka terkena gerusan aliran Sungai Repaking.“Setidaknya ada 23 KK yang tempat tinggalnya mulai tergerus aliran Sungai Repaking. Mereka tinggal di Dusun Lengkong, Desa Repaking,” papar Kadus Repaking, Pujiono. Pujiono mengatakan lahan serta tempat tinggal warganya itu terancam gerusan sungai sejak lama. Hal itu sudah terjadi sejak dulu dari mulai orang tuanya hingga anak-anak yang tinggal di sana. Awalnya, Sungai Repaking itu jaraknya cukup jauh dari pemukiman warga. Namun, sekitar puluhan tahun lalu alur sungai berubah.
“Mulanya alur sungai itu lurus dan jauh dari lahan warga. Akan tetapi, berubah melengkung secara alami. Terlebih saat hujan deras dan volume air naik,” tambahnya. Akibatnya, lahan milik warga lambat laun berkurang karena terkena aliran sungai tersebut. Sungai yang mengalir di desa ini berkedalaman 15meter dengan lebar 22 meter.
Menurutnya, setiap tahun lahan warga tergerus hingga 2 meter. Hal ini menjadikan tanah pertanian masyarakat berkurang terus. Bahkan, dahsyatnya aliran sungai ini hingga menghanyutkan satu rumah beberapa waktu dulu. “Kami berharap Pemkab Boyolali memberikan bantuan agar alur sungai itu kembali seperti sedia kala. Misalnya, dengan menggunakan alat berat untuk mengembalikan alur sungai,” terangnya. Sebab, gerusan itu juga mengancam pondasi jembatan.
Sementara itu, Zaenah, warga yang rumahnya hanyut tergerus sungai mengaku saat ini tinggal satu rumah dengan saudaranya. Padahal rumah milik Suyat yang ditinggalinya itu juga terancam gerusan. Di bagian dapur milik Suyat tepat berada di bibir sungai. “Kami tidak tahu mau pindah kemana lagi. Kami berharap pemerintah segera mengambil tindakan agar masyarakat tidak kehilangan tempat tinggal,” tandasnya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: EROSI SUNGAI: 23 KK Terancam Gerusan Sungai Repaking Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com