30 April 2013

Mesin Pencacah SMK 4 Banyak Dipesan Industri

 
image
DEMO MESIN PENCACAH: Siswa SMK 4 Semarang sedang mendemokan pemakaian mesin pemecah daun dan ranting untuk bahan pembuatan pupuk kompos, kemarin. (suaramerdeka.com/Anggun Puspita)

SEMARANG, suaramerdeka.com -
Satu lagi inovasi siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam menciptakan alat teknologi tepat guna yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Alat tersebut adalah mesin pencacah daun dan ranting buatan unit produksi SMK 4 Semarang.

Dan karena mempermudah pembuatan pupuk kompos mesin itu banyak di pesan oleh industri dan sekolah yang berupaya mendaur ulang sampah menjadi manfaat.
Fungsi utama mesin pencacah daun dan ranting ini adalah untuk mempersiapkan pembuatan pupus kompos. Namun selain itu, juga bisa untuk mempermudah pembuatan makanan ternak, karena kerja mesin yakni mencacah atau menghancurkan bahan.
Menurut Ketua Unit Produksi SMK 4 Semarang, Soepomo, mesin pencacah itu sudah dibuat sejak tahun 2001 lalu oleh siswa SMK tersebut. Namun, pada satu tahun belakangan fungsinya disempurnakan agar lebih efesien.
"Karena semakin efisien fungsinya, banyak pihak yang berminat dan memesan mesin itu untuk membantu membuat kompos. Keefisienan mesin pencacah ini karena mampu menghasilkan cacahan daun dan ranting sebanyak satu meter kubik dalam waktu setengah jam. Sehingga mempersingkat proses pembuatan kompos," jelasnya yang sekaligus guru pembimbing jurusan mesin itu.
Adapun, pihak yang memesan mesin tersebut diantaranya industri, perusahaan, instansi kedinasan, hingga sekolah. Alasan mereka memanfaatkan mesin tersebut yakni sebagai wujud kepedulian lingkungan dengan mengolah kembali sampah menjadi pupuk.
Soepomo menuturkan, selama intensif diproduksi dalam waktu setahun ini, mesin yang dibandrol dengan harga Rp 4 juta itu sudah laku hingga 15 unit.
( Anggun Puspita / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mesin Pencacah SMK 4 Banyak Dipesan Industri Rating: 5 Reviewed By: Siti Zuriah