29 April 2013

Potensi Migas di Laut Timor Luar Biasa Besar

luar biasa besarnya, tetapi Jakarta (pemerintah pusat) terkesan menutup mata melihat fakta tersebut, dan malah menjadikan Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu provinsi termiskin di Indonesia dalam peta statistik nasional.
"Contohnya ladang gas Bayu Undan di Celah Timor yang telah dibangun pipa bawah laut sepanjang 575 km ke Pelabuhan Wickham Point di Darwin, Australia Utara kemudian diproduksi di negara bagian itu sejak 2003 dan diekspor ke Jepang , terletak di dalam wilayah perairan Indonesia," ujarnya, dalam siaran persnya, Kamis (12/4)
Ditambahkan selain itu, sumur-sumur minyak Laminaria, Buffalo dan Jahal yang terletak di sebelah selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Belu, Nusa Tenggara Timur juga yang diklaim oleh Australia dan sekarang telah diserahkan kepada Timor Leste, juga didiamkan saja oleh Jakarta seperti pengelolaan ladang gas Bayu Undan.
"Apa yang terjadi di Laut Timor ini sama saja dengan Pemerintah Indonesia menghibahkan kekayaan migasnya kepada Australia dan Timor Leste," tambah Tanoni.
Dia pun menanyakan seberapa besar  keseriusan Pemerintah untuk menjaga dan mengelola kekayaan alam Indonesia secara benar dan tepat serta kemampuan diplomasi untuk mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dari pencaplokan negara asing.
"Jika saja pemerintah RI tidak salah urus perminyakan di Laut Timor, kita tidak akan kehabisan minyak dalam tempo 12 tahun dan gas bumi dalam 40 tahun. Semuanya ini terjadi, karena pemerintah tak sanggup melakukan diplomasi, menghadapi negara kecil seperti Timor Leste sekalipun, apalagi dengan negara negara besar," tandasnya.
( Andika Primasiwi , RED / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Potensi Migas di Laut Timor Luar Biasa Besar Rating: 5 Reviewed By: Siti Zuriah