Cara Flash HP Nokia S40 dengan Phoenix

Meski saya sudah tidak pakai Nokia S40 lagi, (tapi ada rencana buat beli lagi sih..) pada postingan ini saya akan membahasa yang saya ingat tentang Cara Flashing HP Nokia S40, sesuai banyaknya komen yang meminta solusi agar Nokia mereka bisa pulih kembali, di postingan Keluhan Mereka Terhadap Nokia C2-03. Ini pernah berhasil saya coba di Nokia C2-03 saya dan setelah diflashing, Nokia C2-03 saya bisa bekerja lebih baik.

Baik langsung saja kita ke prosesnya :

1. Download Phoenix Service Software DISINI. (maaf copy link punya orang lain, males uploadnya filenya gede soalnya, hehehe..)

2. Firmware sesuai tipe HP Nokia sobat. bisa sobat download dari Sini atau Disini. File firmware yang harus di download adalah 8, diantaranya yang berformat :

  1. .mcusw, 
  2. .ppm, 
  3. .image_*_ctv_id.
  4. .pcx
  5. .xml
  6. .dcp
  7. .vpl
  8. _signature.bin

Untuk mendownload firmware-nya, cek dulu tipe RM Hp Nokia Sobat, karena setiap Varian Berbeda-beda. Sebagai contoh Nokia C2-03 saya dulu memiliki tipe RM-702 versi 06.97, maka cari firmware yang dikhususkan untuk tipe RM-702 yang memiliki versi 06.97. Untuk mengetahui tipe RM dan versi firmware hp Nokia Sobat, ketik *#0000#.

Bukan Cuma itu, agan juga harus Cek kode yang ada di belakang ponsel (tertutup baterai) biasanya berformat 05*****. Ini karena setiap firmware harus sesuai dengan warna bodi HP yang kita punya dan format bahasanya., sebagai contoh Nokia C2-03 saya punya kode 059L129, maka firmware yang didownload harus yang memiliki kode 059L129.

3. Instal Phoenix, lalu cari file Firmware yang sudah didownload tadi, kemudian Copy file-file firmware tersebut ke folder C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\RM-XXX. RM-XXX disini adalah RM Hp Nokia sobat yang sudah di cek tadi, Contohnya Nokia C2-03 RM-702 saya C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\RM-702.

4. Jika di PC sobat sudah terinstal Nokia Suite/Nokia PC Suite atau software Nokia lainnya selain Phoenix, maka Exit dulu Program tersebut dari Tray Icon Taskbar (pojok kanan bawah) dengan mengklik kanan icon Nokia PC Suite lalu klik Exit.

5. Kemudian Siapkan kabel data, lalu sambungkan HP ke PC dan pilih mode Nokia Ovi Suite/Pc Suite.

6. Buka Phoenix, lalu pada dropdown connection pilih USB1.

7. Pada menu bar Phoenix, klik File > Open product, Lalu Cari RM Hp Nokia sobat. Contohnya Nokia C2-03 saya RM-702

8. Kemudian pada status bar, Klik Flashing > Firmware Update

9. Pada box Product code, biasanya akan terdeteksi otomatis, namun jika tidak klik tombol (...) lalu cari Firmware yang tadi sudah di masukkan kedalam folder C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\RM-XXX.


10. Klik Refurbish. Kemudian HP akan mati dengan sendirinya pertanda proses HP sedang berjalan. Proses flashing memakan waktu kira-kira 15 menit.


Sobat juga bisa melakukannya bila HP Nokia Sobat matot, namun sebelum mengklik Refurbish, centang pada Dead phone USB flashing, baru klik Refurbish. Nantinya saat proses flashing dimulai, anda akan diminta untuk melakukan hal berikut :

  • Lepas kabel USB
  • Lepas baterai
  • Sambungkan kabel USB
  • Masukkan baterai
  • Tekan Tombol Power (kira kira 2 detik hngga didetect oleh PC)
  • Tekan OK pada message box.
DO WITH YOUR OWN RISK, saya tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan yang terjadi setelah Nokia S40 sobat di-flash.
Mungkin hanya itu yang bisa saya bahas mengenai Flashing Nokia S40 menggunakan phoenix, semoga bisa membantu.
Selamat Mencoba.. :D...

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Flash HP Nokia S40 dengan Phoenix Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com