SIPA 2013 Bakal Usung Tema Legenda

Pengunjung berfoto dan menikmati suasana pagelaran Solo International Performing Arts (SIPA) 2012 di Pamedan Mangkunegaran, Solo. Jika SIPA tahun lalu mengangkat tema lingkungan dengan tajuk Save Our World Better Future, SIPA 2013 bakal mengangkat tema legenda. (JIBI/SOLOPOS/dok)
Pengunjung berfoto dan menikmati suasana pagelaran Solo International Performing Arts (SIPA) 2012 di Pamedan Mangkunegaran, Solo. Jika SIPA tahun lalu mengangkat tema
lingkungan dengan tajuk Save Our World Better Future, SIPA 2013 bakal mengangkat tema legenda. (JIBI/SOLOPOS/dok)
Ajang pergelaran Solo International Performing Arts (SIPA) 2013 kembali dihelat 20-22 September 2013 mendatang. Berbeda dengan perhelatan sebelumnya yang selalu digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, panitia memilih lokasi penyelenggaraan di Benteng Vastenburg untuk SIPA 2013.Divisi Acara SIPA 2013, Wulandari, mengungkapkan tema yang diusung pada penyelenggaraan SIPA kelima ini ialah Legenda, Sejarah Kebudayaan Dunia. Menurut Wulan, Putri Solo 2013, Ratih Kusuma Dewi, didaulat menjadi maskot yang memerankan tokoh Roro Jonggrang. “Kami ingin memaksimalkan potensi yang ada di Kota Solo. Salah satunya Putra-putri Solo (2012). Jadi untuk maskot tahun ini kami pilih Putri Solo 2013,” terangnya.
Pada SIPA 2013 ini terdapat 12 delegasi yang akan mengisi acara selama tiga hari. Wulan mengemukakan sebanyak tiga delegasi asal luar negeri dan empat delegasi dari dalam negeri telah memastikan kehadirannya. Delegasi yang dipastikan mengisi acara antara lain Ludens Dance Company (Jepang), seni musik asal Korea, dan perwakilan Universitas Negeri Sabah (Malaysia). Sedangkan dari dalam negeri ada Padnecwara (Jakarta), Monica Iswara (Solo), Nan Jombang (Sumatera Barat) dan perwakilan Universitas Negeri Medan.
“Yang saat ini masih dalam tahap konfirmasi dengan duta besar masing-masing antara lain delegasi Norwegia, India dan Taiwan. Direktur Korea Cultural Centre, Kim Seokgi, Kamis [24/4} mengunjungi kantor Sekretariat SIPA untuk memastikan kedatangan delegasinya,” ungkapnya.
Berkaca dari empat perhelatan sebelumnya, rencananya panitia akan menampilkan empat delegasi setiap harinya. “Dari pengalaman kami yang menampilkan enam delegasi setiap malam, ternyata jam berakhirnya acara terlalu larut. Untuk SIPA 2013, kami hanya menampilkan empat delegasi tiap malam. Agar penampilannya juga bisa lebih maksimal,” tuturnya.
Sebelum peyelenggaraan SIPA 2013, panitia akan menggelar pre-event sebanyak tiga kali. Atrium Solo Grand Mall dipastikan menjadi salah satu lokasi yang digunakan untuk gelaran pre-event.

 Minggu, 5 Mei 2013 20:00 WIB | Mahardini Nur Afifah/JIBI/SOLOPOS |
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: SIPA 2013 Bakal Usung Tema Legenda Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com