Asam lemak dalam ASI bikin anak makin pintar


Asam lemak dalam ASI bikin anak makin pintar
ilustrasi menyusui. ©2012 breastfeedingmomsunite.com
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi asal lemak PUFA saat kecil berpengaruh terhadap daya pikir anak. Meski tak mempengaruhi IQ, namun asupan PUFA membantu daya pikir anak dan membuat mereka cepat menangkap pelajaran.
"Bayi membutuhkan asam lemak PUFA untuk pertumbuhan otak, namun penelitian ini menunjukkan bahwa efeknya bisa bertahan lama hingga anak tumbuh besar," ungkap Dr Peter Willatts dari University of Dundee, seperti dilansir oleh Reuters (05/07).
Asam lemak adalah komponen penting bagi membran sel saraf dan biasanya ditemukan di air susu ibu. Asam lemak ini memiliki peran penting untuk perkembangan otak, namun seringkali tak terkandung dalam susu formula.
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bayi yang diberi formula PUFA lebih cepat belajar dan memperhatikan. Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 210 bayi selama empat bulan. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok dan diberikan asupan yang berbeda-beda, yaitu DHA dan PUFA.
Meski memiliki skor IQ yang sama, namun bayi yang diberi asupan PUFA lebih cepat menangkap pelajaran dan lebih mudah berkonsentrasi dibandingkan kelompok yang diberi asupan DHA. Mereka 20 persen lebih cepat menyelesaikan tes dibanding kelompok lainnya.
Peneliti tak bisa memutuskan apakah efek ini akan mempengaruhi semua area otak hingga dewasa. Namun mereka mengetahui bahwa hal ini bermanfaat terutama dalam bidang membaca dan matematika. Untuk itu, peneliti sangat menyarankan bagi para ibu untuk menyusui anak mereka dengan ASI yang mengandung PUFA. Jika tidak, sebaiknya memiliki susu formula yang mengandung PUFA.
[kun] sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Asam lemak dalam ASI bikin anak makin pintar Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com