BARANGKEDUNG BOYOLALI : Geber Pesona 4 Gunung

 Dinding puncak Gunung Merapi, terlihat dari kawasan jurang Berangkedung, Kecamatan Selo, Boyolali. Foto diambil pekan kemarin. Berangkedung adalah jalur banjir lahan Gunung Merapi yang menawarkan pilihan panorama alam beberapa gunung, antara lain Gunung Merbabu dan Gunung Sindoro-Sumbing. ( (Oriza Vilosa/JIBI/Solopos)

Dinding puncak Gunung Merapi, terlihat dari kawasan jurang Berangkedung, Kecamatan Selo, Boyolali. Foto diambil pekan kemarin. Berangkedung adalah jalur banjir lahan Gunung Merapi yang menawarkan pilihan panorama alam beberapa gunung, antara lain Gunung Merbabu dan Gunung Sindoro-Sumbing. (Oriza Vilosa/JIBI/Solopos)
Karakteristik gunung aktif, Merapi menyimpan beragam cerita. Di Cangkringan, Sleman, Jogja, jejak erupsi Gunung Merapi masih terlihat jelas. Bahkan, jejak tersebut dijadikan peluang bagi warganya yakni pemanfaatan sisi potensi wisata bencana.
Rupanya, hal seperti itu juga terjadi di lereng utara Merapi, tepatnya di wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Berangkedung adalah salah satu lokasi yang dewasa ini memiliki nilai jual untuk para wisatawan, baik dalam negeri pun manca negara.
Setelah mendengar hal tersebut, Solopos.com pun mencoba turut menjelajahi pengalaman menikmati suasana di Berangkedung, pekan kemarin. Pengunjung biasa mengawali perjalanan ke lokasi tersebut dengan singgah di Joglo Wisata New Selo, atau lereng utara Gunung Merapi yang terlihat dari pusat administrasi Kecamatan Selo.
“Ada bule dan beberapa pengunjung lokal yang tertarik mencoba menikmati pemandangan di Berangkedung,” terang salah seorang warga, Sakir, di New Selo.
Sakir dan beberapa warga lain menyediakan jasa antar ke lokasi tersebut. Menurutnya, Berangkedung merupakan pilihan lain selain perjalanan ke puncak Merapi. “Terserah berapa yang mau ngasih,” terang penyedia jasa lainnya, Sanuri, 57.
Sanuri pun akhirnya mengajak menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Jalan setapak menuju lokasi itu tergolong tak terlalu terjal. Sejuknya udara meredam rasa lelah. Kabut sesekali sirna hingga guratan hitam membuka pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, sore itu. Sesampai lokasi, terlihat membentang jurang curam bekas jalur aliran lahar tumpahan dari puncak Merapi.
“Namanya Kali Anjang, lahar hasil erupsi Merapi 2010 lalu mengalir pula lewat sini,” terang Sanuri.
Nah, Berangkedung merupakan nama lokasi jalur tersebut. Penamaan itu tak lain didasari bentuk salah satu bagian Kali Anjang, sebuah cekungan besar seperti bekas lokasi jatuh benda keras. Dari tebing pinggir Berangkedung, terlihat lebih dekat dinding puncak Merapi. Sebelum senja, pada musim cerah belakangan ini, dinding tersebut terlihat jelas dengan bantuan sinar matahari.
Selain puncak Merapi, terlihat jelas pula keanggunan Gunung Merbabu berikut kabut mengelilingi seakan menjadi aksesori. Tak hanya itu, jika cuaca cerah terjaga, pengunjung bisa dimanjakan pemandangan dua gunung yang terletak di daerah Temanggung dan Wonosobo. Gunung tersebut adalah Sindoro-Sumbing.
Dari itu, Berangkedung menawarkan jendela melihat pesona empat gunung. Seperti diketahui, jalur mediterania jawa ditengarahi oleh gugusan gunung-gunung tersebut.
Sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: BARANGKEDUNG BOYOLALI : Geber Pesona 4 Gunung Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com