14 July 2013

Cara Agar Tetap Terlihat Sehat dan Bugar Saat Bepuasa

DREAMERSRADIO.COM - Puasa bukan alasan untuk terlihat lemas dan lesu. Memang tubuh tidak menerima asupan makanan atau minuman selama kurang lebih 14 jam. Tapi hal ini tidak menjadi alasan bagi tubuh untuk tidak terlihat segar saat berpuasa. Puasa justru menjadi media detoksifikasi bagi tubuh untuk membuang zat-zat beracun dalam tubuh. Puasa mempunyai banyak dampak positif bagi tubuh. Nah, untuk menghindari tubuh terlihat lemas dan lesu saat puasa, dilansir dari berbagai sumber inilah cara-cara yang dapat dilakukan :
Olahraga Ringan
Biasakan untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Lakukan olahraga ringan untuk memperlancar peredaran darah dan oksigen pada tubuh. Melakukan olahraga ringan seperti jalan santai mampu menjaga kebugaran tubuh. Berolahraga ringan juga dapat dilakukan setelah waktu berbuka puasa.
Tidur cukup
Dengan berpuasa secara otomatis membuat harus bangun lebih pagi untuk menjalankan sahur. Jangan jadikan sahur sebagai alasan dari kuragnya waktu tidur. Tidurlah lebih awal, atau gunakan waktu tidur siang saat berpuasa. Karena tidur mampu menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu kurang tidur saat berpuasa dapat menyebabkan gelisah, sakit kepala dan masalah pencernaan yang buruk.
Terapkan kebiasaan makan sehat.
Membiasakan diri untuk selalu makan dengan menu seimbang dan pola yang baik membuat tubuh sehat dan bugar selama berpuasa. Jangan makan terlalu cepat saat sahur ataupun berbuka. Kunyah dan nikmati makanan secara perlahan. Serta perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk menjaga stamina.
Kurangi  minum kopi dan minuman bersoda
Minuman berkafein ini dapat memicu sakit kepala karena kandungan kafein di dalamnya. Sebaiknya hindari minuman ini saat sahur maupun berbuka. Perbanyaklah minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Banyak minum air putih membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.
Segerakan berbuka puasa
Saat waktu adzan maghrib tiba, segerah membatalkan puasa. Makanlah makanan manis secukupnya terlebih dahulu. Jangan langsung makan besar agar perut tidak kaget. Makanan manis dapat menggantikan energi yang hilanh, karena dapat langsung diubah menjadi energi oleh tubuh.
Banyak cara yang dapat dilakukan agar tetap terlihat sehat dan bugar saat berpuasa, Dreamers. Cara-cara diatas bisa dilakukan untuk menghindari tubuh terlihat loyo dan lesu. (mya)
Sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Cara Agar Tetap Terlihat Sehat dan Bugar Saat Bepuasa Rating: 5 Reviewed By: Siti Zuriah