07 July 2013

Mau Padusan di Pantai Parangtritis? Awas Ada Ubur-ubur


BANTUL-Tim SAR pantai Parangtritis meminta kepada warga yang hendak menjalankan tradisi Padusan di tempat tersebut untuk lebih berhati-hati.

Selain memperingatkan mengenai kondisi angin, gelombang dan arus, para pengunjung juga diminta untuk mewaspadai kemungkinan sengatan ubur-ubur di kawasan tersebut.
Komandan SAR Pantai Parangtirtis Bantul Ali Sutanto mengatakan wisatawan harus berhati-hati terhadap serangan ubur-ubur. Binantang laut itu kerap menyengat dan menimbulkan rasa gatal luar biasa. Meski belum banyak ditemukan dan ukuranya masih kecil-kecil, namun menurutnya, musim seperti sekarang memang kerap muncul ubur-ubur.
Bahkan pada beberapa hari terakhir, sudah ada wisatawan yang tersengat.
“Sudah ada satu wisatawan yang tersengat ubur-ubur tapi nggak begitu parah, karena ubur-ubur nya masih kecil,” katanya, Minggu (7/7/2013).
Ali mengungkapkan untuk menjaga keamanan dan keselamatan para wisatawan, pihaknya mengerahkan penuh personil sebanyak 58 orang. Setiap jam, petugas akan disiagakan untuk berkeliling memantau wisatawan. Selain itu, rambu-rambu peringatan dan pengumuman waspada lewat pengeras suara juga bakal ditingkatkan.
“Harapannya masyarakat mendengarkan setiap pengumuman yang disampaikan petugas,” imbuhnya.
 | Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja |
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Mau Padusan di Pantai Parangtritis? Awas Ada Ubur-ubur Rating: 5 Reviewed By: Siti Zuriah