Tetap cantik dan sehat dengan kolak pisang saat Ramadan

Tetap cantik dan sehat dengan kolak pisang saat Ramadan
kolak pisang. ©2013 Merdeka.com
Kolak pisang jelas tidak asing lagi di telinga dan lidah orang Indonesia. Makanan khas Indonesia ini menjadi primadona takjil berbuka selama Ramadan.

Kebiasaan kita menyediakan kolak pisang di meja makan untuk disantap bersama saat azan maghrib berkumandang memang sudah turun temurun. Bahkan kini, kolak pisang bisa dibuat dengan menambah beberapa bahan pangan atau memasaknya dengan cengkeh dan jahe agar lebih hangat.

Bagi sebagian besar orang, mungkin memakan kolak pisang karena sejak dulu keluarga mereka menyantap kolak saat buka. Namun, tidak sedikit juga yang memilih kolak pisang karena manfaat yang terkandung di dalamnya.
Pisang, bahan dasar dari kolak ini memainkan peran penting bagi besarnya manfaat untuk tubuh. Buah berkulit warna kuning ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Pisang mengandung banyak nutrisi dan baik untuk pencernaan Anda. Selain itu, pisang juga mengandung kalsium, lemak, kalium mineral, vitamin, karbohidrat, dan protein.

Satu buah pisang mengandung 800-1000 kalori dan 500mg kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Ketika tidak meminum segelas air pun saat puasa, mengonsumsi pisang saat buka atau sahur membantu kita tetap berenergi.

Pisang dalam kolak yang dimasak dengan gula aren dan juga susu sangat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Lambung menjadi organ sensitif saat Ramadan.
Pisang, susu dan gula adalah senjata ampuh mengusir maag. Selanjutnya, kandungan kalsium yang tinggi di pisang membantu meningkatkan konsentrasi. Memakan pisang saat sahur dapat membantu Anda dan anak-anak tetap konsentrasi di kantor dan di sekolah.

Untuk kecantikan Anda, pisang membantu menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit tangan, mengurangi minyak wajah, menaikkan dan menurunkan berat badan. Selain memakan buahnya langsung, pisang juga dapat berfungsi sebagai masker penghilang jerawat dan pengurang minyak pada wajah.

Tradisi makan kolak pisang mendatangkan manfaat bukan? Maka, jangan lupa sediakan kolak pisang dan buah pisang saat sahur dan berbuka.
[bai] Sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tetap cantik dan sehat dengan kolak pisang saat Ramadan Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com