Bintang Mirip Jupiter Tertangkap NASA

Bintang mirip JupiterBintang mirip Jupiter yang tertangkap kamera NASA (Dailymail)
Solopos.com, SOLO — Sebuah bintang asing yang mirip Jupiter menampakkan gerhananya di dekat orbit bintang induknya. Keberadaan bintang itu tertangkap NASA.
Dilansir Daily Mail pada Rabu (14/8/2013), bintang yang menampakkan dirinya ini dikenal sebagai HD 189733. Bintang ini memiliki ukuran sama besar dengan Jupiter, tetapi memiliki orbit yang sangat dekat dengan bintang induk nya.
Bintang mirip Jupiter
Bintang mirip Jupiter yang tertangkap teleskop NASA. (Dailymail)
Bintang ini berevolusi mengitari bintang induknya setiap 2.2 hari, dengan suhu permukaan mencapai 1000 derajat celcius. Gambar bintang ini bisa dilihat oleh Observatori Sinar X milik NASA dan Observatori Badan Antariksa Eropa dengan sinar-X.
Atmosfer HD 189733b saat melewati orbit bintang induknya menipis sekitar 25 persen. Selain itu, para peneliti juga memperkirakan bahwa bintang tersebut kehilangan 100 milyar-600 milyar massa perdetik.
Bintang HD 189733b adalah bintang pendamping dari HD 189733. HD 189733 sendiri adalah bintang utama yang memiliki radiasi sinar ultra violet dan sinar-x.
“Bintang ini memiliki pendar biru seperti pendar gerhana matahari,” ujar Katja Poppenhaeger, peneliti astronomi dari Universitas Harvard.
Sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bintang Mirip Jupiter Tertangkap NASA Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com