dok. Thinkstock
1. Tetapkan Tujuan
Seperti dikutip dari iDiva, membuat daftar tujuan penting untuk dilakukan. Dengan mencatat apa yang ingin dicapai, dapat membuat Anda termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut.
2. Temukan Solusi Alternatif untuk Setiap Masalah
Ketika dihadapi masalah, Anda harus menemukan sekurang-kurangnya dua solusi alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut secara tenang. Biasanya solusi ke dua selalu lebih baik ketimbang daripada yang pertama.
3. Rapikan Ruang Kerja
Hindari hiasan yang terlalu ramai di meja maupun ruang kerja. Karena hal tersebut hanya dapat membuat Anda menjadi tidak fokus dalam bekerja. Letakkan pula segala file kerja di dalam laci sehingga jadi lebih tertata rapi. Semua ini akan membantu Anda tetap fokus pada pekerjaan, sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien.
4. Mengetahui Perkembangan Terbaru di Bidang Anda
Jika Anda bekerja di bagian IT kemudian memiliki pengetahuan yang baru tentang perkembangan dunia tersebut, maka Anda memiliki kesempatan untuk lebih unggul ketimbang rekan kerja lainnya dalam bidang yang sama.
5. Memiliki Role Model
Biasanya selalu saja ada rekan kerja atau senior yang membuat Anda merasa iri atas hasil kerjanya? Ketimbang rasa iri tersebut berdampak negatif, coba jadikan perasaan iri itu sebagai motivasi. Jadikan rekan kerja atau senior itu sebagai panutan untuk Anda. Nantinya, Anda bisa membandingkan bagaimana prestasi, pencapaian dan kemajuan Anda dengan mereka. Cara ini cukup mampu membuat Anda termotivasi untuk menjadi karyawan yang lebih baik.
(eny/rma)
Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2012/03/07/170436/1860635/1133/10-cara-agar-karir-anda-semakin-berkembang--bagian-1-