15 September 2015

Di Usia Ini, Anak Biasanya Sudah Mulai Belajar Bicara


Di Usia Ini, Anak Biasanya Sudah Mulai Belajar Bicara 


Foto: thinkstock
 Tak sedikit orang tua kelabakan ketika menginjak usia 1 tahun sang anak belum bisa bicara. Nah, sejatinya, di usia berapa bulan sih anak sudah bisa melafalkan kata-kata?

dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengungkapkan anak sudah bisa bicara 'mama' atau 'papa' biasanya ketika berusia 1 tahunan. Namun, untuk bicara setidaknya anak sudah punya kosakata 20 kata dan setengahnya dimengerti orang lain, tahap itu terjadi saat anak berusia 19-21 bulan.

Senada dengan dr Meta, Rita Rahmawati A.md. TW, S.Pd, selaku terapis wicara di RS Harapan Kita dan Rumah Terapi mengatakan pada umumnya kebanyakan anak mulai bicara di usia 12 – 18 bulan. Namun, Rita menekankan tahapan anak mulai bisa bicara secara normal dimulai dari sejak anak itu lahir.

"Tahapnya terdiri dari fase Cooing atau Reflexive Vocalization di mana suara masih bersifat refleks di usia 3 minggu. Lalu babling  di usia 6-7 minggu, dan dilanjutkan dengan laling di usia 6-9 bulan," kata Rita dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (16/9/2015).

Di usia 12-18 bulan, anak sudah mulai memasuki fase true speech di mana ucapannya mulai memiliki arti. Ditambahkan Rita, jika anak itu tidak menangis saat lahir, kemungkinan besar akan terjadi hambatan pada proses perkembangan bahasa bicaranya.

"Sehingga bisa dikatakan bahwa semua tahapan tersebut harus terlewati dengan baik," ujar Rita.

Nah, Ayah dan Bunda ingin tahu lebih lengkap mengenai kemampuan bicara anak, cara apa saja yang bisa dilakukan untuk merangsang kemampuan bicara anak? Lalu apa sih tandanya jika si kecil mengalami speech delay serta apa saja gangguan bicara yang bisa terjadi pada anak?

Jangan lewatkan pembahasannya di detikHealth kali ini dalam ulasan khas 'Asah Kemampuan Bicara si Kecil' ya!(rdn/up
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Di Usia Ini, Anak Biasanya Sudah Mulai Belajar Bicara Rating: 5 Reviewed By: Siti Zuriah