Cara Pasang Gacun Sebagai Pengganti Regulator Asli


Gacun adalah merupakan alternatif pengganti regulator yang sangat simpel dan sederhana, gacun ini juga yang biasa disebut dengan switching sebab berbentuk modul switching, atau ada yang menyebut ASTELO, dengan alat ini kita dapat merubah regulator dengan pemasangan yang sangat mudah, gacun ini bisa dipakai sebagai pengganti sistem switching pada regulator dan mempunyai banyak keunggulan, cara pasang gacun cukup mudah sebab hanya mempunyai 3 kabel untuk disambungkan ke bagian regulator yang akan dirubah.

Alat gacun ini bisa berguna untuk pengganti macam jenis regulator, bisa untuk mengganti regulator TV, DVD, Printer, reciever parabola dan yang lainya, merupakan jalan terbaik apabila terjadi kerusakan yang sulit diperbaiki pada regulator aslinya, dengan memakai gacun tersebut bisa teratasi menjadi solusi yang baik.
Pada umumnya kita sering kesulitan pada perbaikan regulator tv, jika penyakitnya sangat sulit bahkan terpaksa harus mengganti regulator menggunakan gacun, tapi memang sebelum kita positif merubahnya alangkah baiknya berusaha dahulu semaksimal mungkin memperbaiki regulator asli, sebab namanya juga yang original tentunya akan lebih stabil, kecuali kita sudah mentok hingga terpaksa harus merubahnya dengan gacun.
Cara Pemasangan Gacun
1. Pertama kita harus membuang jalur yang terhubung pada bagian primer regulator aslinya, cabut juga komponen nya seperti TR/Fet regulator, jadi titik yang kita perlukan yaitu bagian input vcc travo 300volt+, dan jalur yang terhubung pada titik colektor IC atau TR regulator.
Cara pasang gacun
2. Cara pasang Tiga kabel yang terdapat pada gacun tersebut yaitu:
  • Kabel warna merah disambungkan pada titik jalur travo yang terhubung ke colektor IC/TR regulator tersebut.
  • Kabel hitam dipasang pada ground atau jalur tegangan negatif.
  • Untuk kabel biru dihubungkan pada jalur optocoupler, yaitu berfungsi sebagai feedback untuk mendeteksi perubahan pada tegangan output, untuk kabel gacun warna biru ini bisa juga tidak dipasang.
Dan perlu diperhatikan juga adalah kita jangan mencopot kapasitor serta resistor yang terdapat pada jalur vcc utama atau jalur colektor, biasanya mempunyai nilai 680pf-2,2mf/2kv.
Contoh pemasangan gacun pada regulator jenis FET

Contoh pemasangan gacun pada regulator STR

Contoh pemasangan gacun pada regulator TR Biasa

3. Setelah kabel semua terpasang kita tinggal mencobanya dengan terlebih dahulu memutar trimpot yang terdapat pada gacun ke posisi minimal, atau putar ke arah kiri posisi minimum.

4. Coba hidupkan dan atur output regulator sesuai standart mesin tv tersebut, biasanya untuk B+ 115volt jadi sesuaikan dengan kebutuhan, dan lebih bagusnya saat melakukan pemutaran trimpot gacun tersebut posisi mesin dalam keadaam mati, kemudian setelah digeser sedikit tv dinyalakan untuk mengukur output tegangan, dan lakukan sedikit demi sedikit pergeseran trimpot dengan mematikan dulu mesin, hal ini untuk menjaga supaya tidak terjadi lonjakan tegangan yang skaligus dalam posisi mesin lagi hidup/on.

Itulah cara pasang gacun pada regulator tv, untuk pemasangan gacun pada regulator yang lain misalnya DVD langkahnya sama saja, cuma lebih hati-hati saja dalam proses penyetelan output tegangan, gacun ini bisa dipasang dalam berbagai macam regulator tv, tapi hati-hati jika kita mengganti gacun pada regulator tv merek polytron, agar kita lebih teliti dan koreksi setelah proses pemasangan gacun dilakukan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Pasang Gacun Sebagai Pengganti Regulator Asli Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com