MENGATUR WARNA / ADJUST COLOUR SHARP PICCOLO SLIM MODEL 21ES253E2

Berbagi pengalaman,karena pengalaman ku juga berdasarkan selain  kajian sendiri dan juga bantuan dari para master teman teman blogger juga yang tentunya satu profesi.
Lagi lagi dapat pekerjaan tv sharp merk piccolo slim model 21ES253E2.Yang punya tv pun dengan sangat gamblang sekali menjelaskan keluhan keluhan dari tv sharp piccolo slim 21 inchi model 21ES253E2 yang dibawa nya.
Keluhan keluhan nya saya tulis di sini yaitu:
  1. Ketika tv sharp piccolo 21ES253E2  dinyalakan dan ketika steker dicolokan tombol power di tekan terdengar suara crek crek crek terus seperti suara bocor.
  2. Gambar dilayar warna nya acak acakan dan belang belang tak karuan.
  3. Terkadang ketika tv sharp piccolo 21ES253E2 ini
  4. di colokan ke listrik kwh listrik ngejeplak.
Proses penanganan nya saya rangkum di bawah ini berdasarkan pengalaman sendiri.
Baud demi baud pun kami buka dan Alhamdulillah tv sharp piccolo ini baud nya tidak banyak seperti tv buatan lokal yang terkadang buka baud nya saja menghabiskan waktu 5 menit..hehe....
Colokan listrik dipasang dan creeekkkkkkk suara panjang terdengar sampai sampai kami pun terengah takut meledak,di amat amati ternyata yang bersuara itu adalah di komponen PTC untuk coil gosing/ gausing.Oh pantesan warna acaka acakan dan seperti warna pelangi di layar tv sharp piccolo 21ES253E2 ini,ternyata PTC nya rusak,panas nya tidak ketulungan hehe.
Setelah dilakukan pergantian komponen PTC ini akhir nya tv sharp piccolo ini kembali menyala normal tanpa terganggu suara suara craaaak yang begitu menghawatirkan bagi yang mendengar nya.
Tetapi ketika di pasang AV  signal dari parabola ternyata warna hijau nya minim yang dominan warna merah dan biru.Osd menu tv juga yang berwarna hijau kelihatan nya sangat tipis sekali.
Jadi kesimpulan dari keluhan kerusakan tv sharp piccolo 21ES253E2 ini adalag berlanjut dengan memperbaiki warna hijau yang hilang atau berkurang.
Setelah dilakukan pengecekan dikaki kaki tabung layar ternyata pin warna hijau masih normal walaupun tidak secerah warna lain nya Komponen transistor dan yang lain nya di RGB juga ketika di cek tidak ada yang rusak .Akhirnya kuputuskan untuk mengadjust warna atau setting warna di sharp piccolo ini.Istilah elektro nya B/W Balance adjust colour di menu service tv sharp piccolo slim ini.
Pengalaman adjust colour, atur warna di  service menu tv sharp piccolo ini, nah kalau ini kami browser dan ada pencerahan dari blog nya marsono dan memberikan cara masuk menu service tv sharp dan disaat di praktekan ada cara yang cocok dengan tv yang sedang kami kerjakan.
Cara nya kami bahas di bawah ini:
Cara atur warna di sharp Piccolo 21 21ES253E2
Cara adjust warna di sharp piccolo model 21ES253E2
Cara adjust colour di tv sharp piccolo.
  1. Cabut steker listrik.
  2. Tombol power biarkan pada posisi on.
  3. Pijit vol min dan CH up tahan sambil
  4. colokan listrik tunggu sampai menyala baru kemudian lepaskan.
  5. Pijit menu.
  6. pijit berkali kali sampai muncul tulisan V00.  CUTOFF/BKGD.
  7. Kemudian pijit angka satu di remote untuk pengaturan warna merah.
  8. Pijit angka dua di remote untuk warna hijau.
  9. Pijit angka tiga untuk warna biru.
  10. Untuk adjust atau mengatur nya gunakan tombol volume.
Kalau dirasa sudah sesuai untuk kembali cukup pijit bareng tombol vol min dan ch up kembali.
Terima kasih buat Marsono blog yang telah memberikan pencerahan dalam elektronika dan membuat pekerjaan kami menjadi lancara dan cepat tepat waktu. 
 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: MENGATUR WARNA / ADJUST COLOUR SHARP PICCOLO SLIM MODEL 21ES253E2 Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com