Membuat Situs Bekerja Lebih Cepat



    PageSpeed Insights: 
    Pusing dengan loading page situs anda masih lambat? Tenang aja sob, masih ada si mbah yang siap membantu kita.

    Si mbah ini memang baik hati dan tidak sombong. Untuk masalah meta tag, dia bantu melalui Rich Sippets. Sedangkan untuk masalah kecepatan loading, dia siap membantu melalui PageSpeed Insight. Bageur pan?

    Sesuai dengan tag-nya "Make your website faster", PageSpeed Insight siap memberikan saran-saran agar situs kita bisa lebih optimal sehingga dapat mempercepat loading page.

    Tertarik dengan saran-saran si mbah? Gampang saja kok. Kamu bisa melakukannya dengan cara berkunjung ke Google Developers atau dengan cara inspect elements.
    Cara Pertama
    Cara Kedua
  • Selanjutnya, klik PageSpeed lalu klik Analyze, seperti pada gambar berikut (inspect elements menggunakan Chrome):

  • Catatan:
    Khusus untuk Firefox, harus di-install dulu addons Firebug. Setelah terpasang, aktifkan Firebug sebelum melakukan inspect elements.

    Nah, dengan PageSpeed Insight ini kita bisa mengetahui prioritas mana yang harus dilakukan perbaikan, apakah pada gambar, javascript, atau yang lainnya.

    Satu hal yang harus diketahui, tidak semua saran si mbah ini bisa kita laksanakan. Misalnya kita disarankan untuk mempersingkat javascript dari plugin facebook, twitter atau yang lainnya. Nah, ini kan susah. Begitupun dengan saran penggabungan gambar (sprite), karena tidak semua gambar bisa bekerja dengan CSS sprite. Tapi paling tidak, dengan adanya saran si mbah ini, sedikit banyak kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan pada situs kita supaya bisa berkerja lebih optimal, sehingga pada akhirnya nanti dapat membuat loading page situs kita lebih cepat lagi dari sebelumnya.

    Ok, segitu aja sob. Semoga bermanfaat .....
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Membuat Situs Bekerja Lebih Cepat Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com