Hangat & Segarnya Aneka Sup Ikan

Suki-XO Panci Set (Istimewa)
Suki-XO Panci Set (Istimewa)
Secara sederhana sup dapat diartikan masakan berkuah berisi aneka bahan [sayur] yang
dimasak hingga mendidih. Setidaknya ada dua jenis kuah sup yakni bening [jernih] dan kental. Dari dulu hingga sekarang, masakan ini mampu eksis di restoran atau rumah makan kenamaan di Tanah Air.
Bahkan belakangan para chef dan koki restoran berkreasi membuat sup dengan bahan yang lebih variatif. Salah satu jenis sup yang digandrungi masyarakat adalah yang berbahan utama ikan. Selain nikmat, sup ikan mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Sebab, selain bergizi, sup ikan yang kaya bumbu rempah bisa membuat badan terasa hangat dan lebih tahan terhadap bibit penyakit.
Di Solo, rumah makan penyedia sup ikan di antaranya Restoran Ikan Goreng Cianjur di Jl Adisucipto, Manahan, Solo. Di restoran ini tersedia ikan sup sayur asin ala Bumi Parahyangan. Satu porsi besar menu ini dibanderol Rp55.000. Setidaknya empat hingga enam orang bisa menyantap bersama menu ini.
Satu ekor ikan nila atau gurami dipadukan dengan sup sayur asin. Rasa asin menu ini berasal dari sawi asin di dalam masakan. Belahan daun bawang di bagian atas masakan memberikan sentuhan lembut menu ini.
Sup Ikan Kakap ala Resto Bumbu Desa (Istimewa)
Sup Ikan Kakap ala Resto Bumbu Desa (Istimewa)
Sup ikan juga tersedia di Restoran Bumbu Desa di Jl Dr Radjiman Solo. Di restoran ini disediakan sup ikan kakap dan gurami dalam beberapa takaran porsi. Satu porsi kecil sup ikan kakap atau gurami dibanderol hanya Rp12.500 hingga Rp15.000, sedangkan porsi besar sup ikan gurami Rp48.000 dan sup ikan kakap Rp55.000.
Porsi besar menu ini bisa disantap oleh empat hingga lima orang. Dalam waktu dekat pengelola Restoran Bumbu Desa akan meluncurkan sup ikan berbahan nila dan patin. “Sup kami nikmat disantap bersama nasi atau dimakan terpisah,” ungkap Chef Resto Bumbu Desa, Yadi Suryadi, baru-baru ini.
Variasi sup ikan juga tersedia di XO Solo (Suki, Grill dan Cuisine). Di rumah makan yang beralamat di Jl Slamet Riyadi ini disediakan suki daging ikan dori. Pegawai marketing XO Solo, Frias Orlando, menjelaskan, suki adalah masakan berkuah seperti halnya sup. Suki merupakan masakan yang berasal dari negara Thailand. Selain daging ikan dori, anda juga bisa memasukkan bakso dan mi ikan dalam suki.
Referensi lain menu sup ikan adalah tengkleng ikan kakap yakni Omah Sinten Heritage Hotel dan Resto. Masakan ini bisa disebut sebagai sup ditilik dari bahan-bahan dan cara pembuatannya. Satu porsi tengkleng ikan kakap ini dihargai Rp30.000. Bagi anda pencinta kuliner, selayaknya datang dan mencicipi salah satu menu andalan di Omah Sinten yang terletak di selatan Pura Mangunegaran Solo.
Sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hangat & Segarnya Aneka Sup Ikan Rating: 5 Reviewed By: stzuriah.blogger.com